XL dan Bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Posted by idel blogger


Corporate Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan merupakan suatu bentuk kepedulian perusahaan untuk membangun bangsa dan lingkungan sekitarnya. Tentunya, tanggung jawab sosial perusahaan ini tidak berorientasi keuntungan. Justru, tanggung jawab sosial perusahaan merupakan kegiatan nirlaba yang berorientasi pada kegiatan sosial.
PT XL Axiata sebagai pemegang brand kartu seluler XL sadar bahwa sebuah perusahaan harus mempunyai tanggung jawab sosial. Untuk itu, semangat dan rasa optimis mengilhami XL untuk membangun bangsa dan lingkungan yang hebat dan tangguh.
Sebagai bagian dari perkembangan kehidupan ekonomi di Indonesia, XL memiliki kepercayaan bahwa Indonesia memiliki kekayaan dan potensi yang besar dalam hal kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Program Indonesia Berprestasi XL

Untuk mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan, PT XL Axiata memiliki komitmen untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi secara langsung dalam proses pembangunan masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR), PT XL Axiata mengadakan program yang bernama Indonesia Berprestasi.
Program Indonesia Berprestasi itu didesain dengan khusus sebagai program CSR yang menyeluruh. Untuk mendukung program tersebut, PT XL Axiata fokus untuk memberikan kontribusi terhadap empat pilar bangsa. Empat pilar bangsa yang menjadi fokus CSR XL ini antara lain sebagi berikut.

1. Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu tonggak paling penting dalam pembangunan Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pemberdayaan ekonomi yang kuat untuk memenuhi target pembangunan Indonesia. Dengan pemberdayaan ekonomi, masyarakat diharapkan bisa mendapatkan berbagai pengetahuan.
Pengetahuan itu diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu mereka lebih memahami dan pintar dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga bisa mendorong kehidupan masyarakat secara ekonomi.
PT XL Axiata bekerjasama dengan PKPU atau Pos Keadilan Peduli Umat. XL dan PKPU ikut membantu pemerintah menjalankan program-programnya untuk membuat keterampilan hidup (life skill) para pencari kerja menjadi lebih meningkat.
Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan XL bersama PKPU ini berupa Pelatihan Teknik Service Handphone. Pelatihan Teknik Service Handphone ini memfokuskan pada hal-hal berikut ini.
  • Keterampilan teknis yang disesuaikan dengan tingkat ekonomi dan pangsa pasar di daerah yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar usaha yang dilakukan dapat bertahan serta berkembang.
  • Meningkatkan kualitas diri untuk membentuk kepribadian yang kuat.
  • Menumbuhkan jiwa serta semangat entrepreneurship.
  • Mengembangkan pengetahuan dalam mengatur sebuah usaha. Hal ini harus dilakukan karena usaha harus memiliki manajemen atau pengaturan yang baik. Jika manajemen tidak baik, usaha akan sulit berkembang.
Pelatihan yang dilakukan PT XL Axiata dengan PKPU ini diharapakan akan meningkatkan keterampilan kerja sumber daya manusia di Indonesia.

2. Pendidikan

Pendidikan merupakan faktor penting untuk meningkatkan pembangunan bangsa dan lingkungan sekitar. Untuk itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial, XL melakukan kegiatan CSR dalam bidang pendidikan. Ada banyak kegiatan CSR XL yang dilakukan dalam bidang pendidikan.
Program CSR XL Komputer untuk Sekolah (KuS) merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial XL dalam bidang pendidikan. Program ini masih lanjutan dari komitmen XL untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan yang dimiliki oleh Indonesia.
Pada 2010 lalu, program Komputer untuk Sekolah (KuS) ini dilakukan di 10 provinsi dengan jumlah sekolah sebanyak 60 sekolah. Dalam program ini pun, pihak XL akan melakukan evaluasi dan pelatihan agar program tersebut berjalan dengan efektif dan lancar. Selain itu, XL pun menyediakan saluran intenet untuk sekolah yang lokasinya ada di dalam jangkauan layanan internet dari XL.
Program CSR XL lain yang bertujuan untuk membantu pendidikan di Indonesia adalah ikut serta membantu Taman Pintar. Program Taman Pintar ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat. Tapi sayangnya, Taman Pintar ini hanya ada di Yogyakarta.
XL mendukung Taman Pintar ini sejak 2006. Keikutsertaan XL dimulai dengan menyumbangkan komputer dan saran intenetnya. Selanjutnya, berkembang dengan menyediakan “Zona Telekomunikasi”.
XL pun memberikan beasiswa yang bekerja sama dengan Yayasan Khazanah dan CIMB Niaga. Program beasiswa Khazanah ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial XL untuk memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa D3 di Indonesia untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan S1 di universitas yang ada di Malaysia. Program CSR Beasiswa Khazanah ini telah dilaksanakan sejak 2009.
Bentuk CSR dari XL lainnya adalah program Internet Sehat Blog Award (ISBA). Program internet sehat ini merupakan bagian dari komitmen yang dimiliki XL untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan perilaku pengguna intenet. Dengan kata lain, program ini mendukung perilaku internet yang sehat dan positif.
Program ini bekerja sama dengan ICT Watch. Untuk mendukung program ini, XL dan ICT Watch meluncurkan buku untuk panduan penggunaan internet dengan sehat dan positif. PT XL AXIATA juga membuat perpustakaan keliling sebagai bentuk CSR-nya. Untuk program perpustakaan keliling, XL menjalin kerja sama dengan PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat). Program perpustakaan keliling ini diluncurkan di Bandung dan hanya mencakup 4 kecamatan yang ada di Bandung.

3. Seni dan Budaya

Bentuk CSR yang XL lakukan pun mencakup pada bidang seni dan budaya. Program CSR dalam bidang seni dan budaya diharapkan akan meningkatkan rsa nasionalisme. Program CSR yang dilakukan XL dalam bidang seni dan budaya sebagai berikut.
  • XL mengeluarkan program dengan title “Soempah Pemoeda 2.0: Semangat Persatuan di Era Digital
  • XL meluncurkan program “Kartini Digital”. Program ini merupakan suatu bentuk apresiasi XL pada perempuan Indonesia. Dengan adanya program “Kartini Digital”, harapan bahwa perempuan Indonesia menjadi semakin lebih kreatif dalam memanfaatkan segala bentuk media digital untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya adalah harapan terbesar.
  • XL melakukan kerja sama dengan detik.com meluncurkan program berjudul Aku Cinta indonesia (ACI). Program ini diluncurkan pada September 2010. Dengan program ini, diharapkan akan menyebarkan rasa nasionalisme dalam bentuk semangat Aku Cinta Indonesia.
Program Corporate Social Responsibility yang dilakukan XL dalam bidang pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia di Indonesia.

4. Lingkungan

Dalam bidang lingkungan, XL pun melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Perlu diketahui bahwa pengelolaan lingkungan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1997. Undang-Undang itu menjelaskan Analisis Mengenai Dampak Sosial (AMDAL) sebagai bentuk tanggapan untuk mempercepat proses perubahan dalam lingkungan dan pembangunan secara lebih berkelanjutan.
Oleh karena itu, berpatokan pada Undang-Undang tersebut, XL meluncurkan aplikasi baru untuk sekitar 1.200 BTS yang ramah lingkungan dan hemat energi. Inovasi yang diterapkan pada Base Transcevier Station (BTS) ini berkonsep green BTS. Berikut ini teknologi yang diterapkan pada green BTS.
  • Menggunakan (CDC) atau Charge Discharge Battery.
  • BTS dengan teknologi (IVS) atau Intillegent Ventilation System.
  • Penerapan Green BTS yang mampu menghemat energi hingga 50%.
  • Penerapan teknologi tanpa CFC untuk perangkat AC atau Non CFC forAir Conditioning (AC)
Program CSR XL dilakukan untuk mendukung gerakan Indonesia Hijau. Dengan kata lain, program CSR dalam bidang lingkungan dilakukan untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan.

Artikel Terkait:

2 komentar:

Terima kasih telah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komentar sobat. Harap menggunakan kata yang baik dan sopan, komentar akan muncul jika sudah disetujui.
Mohon maaf bila saya terlambat merespon komentar sobat, saya tidak bisa selalu memantau blog ini.